KALENDER GREGORIAN

Perayaan tanggal 1 Januari ditetapkan sebagai permulaan tahun terjadi pada 1 Januari 1622. Jauh sebelumnya, Paus Gregorius XIII telah menyetujui penggunaan kalender masehi ini sebagai modifikasi dari kalender Julius. Aloysius Lilius melakukan penelitian terhadap kalender sebelumnya (Julius).

Salah satu kelemahan kalender Julius ini adalah kurang akurat dalam penentuan awal musim semi di Eropa. Satu tahun kalender Julius berjumlah 365 hari 6 jam, sementara revolusi bumi terhadap matahari berlangsung selama 365 hari 5 jam 48 menit. Dengan hitungan ini, kalender Julius akan mengalami penambahan sebanyak 7-8 hari setiap 1000 tahun (1 milenium)nya.



Kalender yang digunakan oleh mayoritas penduduk bumi saat ini adalah kalender Gregorius / Gregorian. Namun, di beberapa negara dan para penganut kristen ortodoks Kalender Julius masih tetap digunakan. Jika pada tanggal 1 Januari 1622 merupakan permulaan tahun dalam kalender Gregorian, maka pada tanggal 1 Januari 2014 sama dengan tanggal 3-4 Januari 2014 menurut Kalender Julian. Bahkan jika berdasarkan pada penambahan 7 hari setiap millenium, tahun baru para pengguna Kalender Julius sudah dirayakan 14 hari sebelumnya.



SELAMAT TAHUN BARU 2014



KANG WARSA | RJFM 107,9 MHz

Dikirim melalui BlackBerry®

Posting Komentar untuk "KALENDER GREGORIAN"