KASUS PLAGIARISME DUNIA PENDIDIKAN

Mantan Direktur Utama Jaminan Sosial Tenaga Kerja Hotbonar Sinaga menyatakan sudah menerima klarifikasi dan permintaan maaf dari Anggito Abimanyu terkait kasus plagiarisme tulisan Gagasan Asuransi Bencana di Kompas tanggal 10 Februari 2014.



"Iya, ada (permintaan maaf)," kata Hotbonar melalui pesan pendek kepada Tempo, Senin, 17 Februari 2014. Dia mengatakan, kasus ini sudah selesai dengan adanya permintaan maaf dari Anggito. "Kalau sudah minta maaf ya case closed," kata dia.



Tulisan Anggito Abimanyu berjudul Gagasan Asuransi Bencana muncul di Opini Kompas tanggal 10 Februari 2014. Tulisan ini mirip dengan tulisan Hotbonar Sinaga di media yang sama pada 21 Juli 2006. Kompas sendiri akan memasukkan Anggito ke daftar hitam penulis opini jika rapat internal memutuskan ada unsur plagiat dalam tulisan Anggito.



Anggito sendiri mengundurkan diri dari jabatannya sebagai dosen UGM dan meminta maaf kepada semua pihak yang merasa dirugikan. (Baca:Dituding Plagiarisme, Anggito Mundur dari UGM). Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementarian Agama mengatakan tulisan opini itu ia kirim sendiri ke Kompas bukan lewat asistennya atau orang lain.



SUMBER: TEMPO.CO



Dikirim melalui BlackBerry®

Posting Komentar untuk "KASUS PLAGIARISME DUNIA PENDIDIKAN"