PENILAIAN AKREDITASI SEKOLAH

Dua Assesor dari Badan Akreditasi Nasional melakukan penilaian Akreditasi Sekolah di MTs Riyadlul Jannah pada hari Rabu (18/6).

Dalam sambutannya, salah seorang assesor menjelaskan; penilaian akreditasi sekolah ini bukan untuk menghakimi sekolah dengan standar-standar yang harus dipenuhi melainkan untuk melakukan pembinaan terhadap sekolah-sekolah formal seperti MTs Riyadlul Jannah.

Dalam kegiatan penilaian akreditasi sekolah ini hadir juga salah seorang perwakilan dari Kantor Kementrian Agama Kota Sukabumi, Samsul Puad, S.Ag. Dalam sambutannya, Puad mengatakan, setelah sekolah-sekolah yang bernaung di bawah Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, sejak tiga tahun terakhir ini, Kementerian Agama pun telah begitu gencar melakukan pembinaan kepada sekolah-sekolah di bawah naungannya.

Ada beberapa yang akan dinilai oleh dua orang assesor BAN di MTs Riyadlul Jannah ini; kecocokan antara data yang disajikan dengan fakta di lapangan akan menjadi barometer kesiapan sebuah sekolah. Standar-standar akreditasi sudah pasti harus dipenuhi oleh setiap sekolah.

Kecuali ketersediaan sarana dan prasarana, sebuah sekolah pun harus ditunjang oleh beberapa standar yang telah ditetapkan, seperti; adanya guru-guru berkualitas dan pemahaman mereka terhadap materi ajar. Meski pun saat ini, sebagian besar telah menggunakan Kurikulum Tahun 2013 (Kurtilas), namun penilaian akreditasi untuk MTs Riyadlul Jannah adalah proses kegiatan belajar mengajar dengan menggunakan KTSP.

Tim Assesor BAN sendiri akan melakukan penilaian dan bimbingan di MTs Riyadlul Jannah selama dua hari; Rabu dan Kamis. Di hari pertama, Assesor telah melakukan pengecekan terhadap data-data dan standar-standar yang telah ditetapkan oleh BAN terhadap sekolah dan pada hari ke-dua, akan dilakukan survey lapangan ; pencocokan antara data dan fakta sebenarnya.

Para guru MTs Riyadlul Jannah memiliki sikap optimis, penilaian A dan B bukan tujuan dari kegiatan akreditasi sekolah ini, kecuali merupakan salah usaha untuk meningkatkan kualitas kegiatan belajar dan mengajar di MTs Riyadlul Jannah. (*)

Posting Komentar untuk "PENILAIAN AKREDITASI SEKOLAH"