PENUTUPAN PENILAIAN AKREDITASI SEKOLAH

Hari ke-dua penilaian akreditasi sekolah di MTs Riyadlul Jannah diisi oleh kegiatan survey lapangan oleh dua orang assesor Badan Akreditasi Nasional (BAN), MAd Yusuf dan Khirul Rofli. Ke-dua assesor didampingi oleh beberapa tenaga pendidik MTs Riyadlul Jannah melakukan pencocokan dan penelitian antara data dalam administrasi dengan fakta ketersediaan sarana dan prasarana sekolah.

Dua orang assesor mengadakan penilaian sarana dan prasarana sekolah berupa; Ruang Kelas, Ruang Pimpinan, Ruang OSIS, Ruang BK, Ruang Pramuka, Perpustakaan, Ruang Vokasional Siswa, Laboraturium Komputer, dan Studio Radio Komunitas Pendidikan RJFM 107.9 MHz.

Khoirul Rofli mengatakan, secara umum, sarana dan prasarana di MTs Riyadlul Jannah cukup bagus dan perlu peningkatan lagi agar sesuai dengan standar nasional. Kelengkapan sarana dan prasarana yang belum terlihat di Madrasah ini adalah adanya Laboratorium IPA. Assesor BAN memberikan rekomendasi agar ketersediaan laboratorium IPA menjadi rencana urgen sekolah.

Setelah melakukan survey terhadap sarana dan prasarana sekolah, dua orang assesor kemudian melakukan supervisi dan penilaian terhadap teknik pembelajaran yang dilakukan oleh tenaga pendidik di MTs Riyadlul Jannah, Cikundul. Rofli memberikan apresiasi besar terhadap SDM yang dimiliki oleh MTs Riyadlul Jannah. 

Penilaian terhadap ketersediaan sarana dan prasarana sekolah berlangsung hingga pukul 12.00. Dalam penutupan penilaian akreditasi sekolah, Kepala MTs Riyadlul Jannah, Hamzah, S.Ag menyampaikan ucapan terima kasih kepada assesor BAN yang telah memberikan arahan-arahan demi kemajuan sekolah. 

Lebih lanjut, Hamzah memaparkan, " Kegiatan ini merupakan awal MTs Riyadlul Jannah untuk lebih menata kembali hal-hal yang dibutuhkan dalam kegiatan belajar dan mengajar. Arahan dan bimbingan dari assesor BAN akan dan harus menjadi pemicu bahkan jadi cambuk bagi siapa pun yang terlibat dalam kegiatan pendidikan di sekolah ini."

Diamini oleh Khoirul Rofli dan Mad Yusuf, meskipun sarana dan prasarana di Sekolah ini sudah cukup bagus namun harus dilengkapi oleh kemampuan sekolah dalam memfasilitasi para peserta didik. Secara alamiah, Cikundul memiliki berbagai potensi mulai dari alam dan SDM, hal ini harus menjadi sasaran MTs Riyadlul Jannah.

Hal mendasar dalam dunia pendidikan namun sering dilupakan oleh siapa pun yang terlibat di dalamnya adalah melakukan manajemen sesuai dengan standar yang telah ditetapkan. Sekolah harus melakukan rencana umum dan diketahui oleh seluruh warga sekolah lalu dievaluasi untuk mengetahui kekuatan, kekurangan, peluang, dan hambatan di dunia pendidikan.(*)

KANG WARSA | GURU BASA SUNDA


GALERI AKREDITASI SEKOLAH

Posting Komentar untuk "PENUTUPAN PENILAIAN AKREDITASI SEKOLAH"