Tiga Sekolah Mendapatkan Penghargaan

Sebanyak tiga sekolah di Kota Sukabumi, yang terdiri dari SD Islam Fathia Kota Sukabumi, SMPN 7 Kota Sukabumi, dan SMAN 2 Kota Sukabumi, mendapat Penghargaan Sekolah Adiwiyata Nasional Tahun 2015. Selain itu, RW 09 Kelurahan Karangtengah, Kecamatan Gunungpuyuh, Kota Sukabumi, mendapat Penghargaan Proklim (Program Kampung Iklim) Tahun 2015, dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI.

Penghargaan tersebut, diserahkan langsung oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, Dr. Ir. Siti Nurbaya Bakar, M.Sc., pada acara Saresehan Sekolah Adiwiyata Nasional dan Proklim Tahun 2015, di Auditorium Gedung Manggala Wana Bhakti Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI Jakarta, tepatnya tanggal 14 Desember 2015.

Hadir pada acara tersebut, Kepala KLH (Kantor Lingkungan Hidup) Kota Sukabumi, Drs. Adil Budiman, M.Si., Kepala SD Islam Fathia Kota Sukabumi, Kepala SMPN 7 Kota Sukabumi, dan Kepala SMAN 2 Kota Sukabumi, serta Ketua RW 09 Kelurahan Karangtengah, Kecamatan Gunungpuyuh, Kota Sukabumi.

Kepala KLH Kota Sukabumi menjelaskan, penghargaan ini merupakan salah satu bentuk apresiasi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, terhadap sekolah-sekolah yang senantiasa berkomitmen mewujudkan program sekolah adiwiyata, atau sekolah peduli lingkungan sehat, bersih, indah, hijau, rindang, aman dan nyaman, serta kepada RW yang senantiasa berupaya optimal mewujudkan Proklim.

Dijelaskan pula, dengan mendapatnya penghargaan tersebut, merupakan sebuah prestasi sekaligus menjadi salah satu kebanggaan bagi semua pihak, yakni pemerintah dan warga masyarakat Kota Sukabumi, khususnya dalam bidang pendidikan dan Proklim. Sebab untuk mendapatkan penghargaan tersebut, tidak mudah seperti membalikan telapak tangan, akan tetapi harus ditempuh melalui berbagai rangkaian proses seleksi, yang diikuti oleh ratusan bahkan ribuan sekolah dan RW se Indonesia.

Untuk itu, pemerintah dan warga masyarakat Kota Sukabumi patut bersyukur, karena tiga sekolah di Kota Sukabumi serta RW 09 Kelurahan Karangtengah, Kecamatan Gunungpuyuh, Kota Sukabumi, dinilai layak mendapat Penghargaan Sekolah Adiwiyata Nasional dan Proklim Tahun 2015, terutama dalam menerapkan dan merealisasikan sekolah dan RW berbasis lingkungan hidup.

Kepala KLH Kota Sukabumi mengungkapkan, untuk mendapatkan Penghargaan Sekolah Adiwiyata Nasional tersebut, sedikitnya harus mampu menerapkan empat indikator, yakni kebijakan sekolah berbasis lingkungan, kurikulum berbasis lingkungan, partisipatif berbasis lingkungan, serta sarana dan prasarana berbasis lingkungan. Selain itu, pihak sekolah sebagai pengambil kebijakan, juga harus mampu membudayakan hidup bersih dan sehat, di lingkungan sekolahnya masing-masing.

Sumber sukabumikota.go.id

Posting Komentar untuk "Tiga Sekolah Mendapatkan Penghargaan"