PGRI Kota Sukabumi Menyelenggarakan Pelatihan PTK



Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kota Sukabumi menyelenggarakan Pelatikan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kepada para guru di Kota Sukabumi.

Caca Danuwidjaya, ketua Panitian Pelatihan PTK menyebutkan, pelatihan ini sengaja diselenggarakan di saat liburan, agar pelaksanaannya tidak bertabrakan dengan kegiatan kependidikan para guru.

Dalam pelatihan ini, para guru diberikan materi bagaimana sebaiknya seorang guru melakukan penelitian selama kegiatan belajar dan mengajar di kelas.

Idris Affandi, selaku pemateri atau nara sumber dalam pelatihan mengatakan kepada para peserta, Penelitian Tindakan Kelas bukan merupakan hal tabu, sebab sejauh ini para guru memang telah terbiasa bagaimana menyelesaikan persoalan yang dihadapi –terutama oleh para peserta didik – di sekolah.

Lebih jauh Idris memaparkan, perbedaannya, solusi terhadap persoalan di dalam kelas dan sekolah ini dituangkan oleh para guru melalui perangkat penelitian.

Penelitian Tindakan Kelas dimaksudkan agar problem solving terhadap setiap persoalan di sekolah bisa terukur dan bernilai saintifik.

Hal penting yang harus dimiliki oleh setiap guru dalam melakukan Penelitian Tindakan Kelas –salah satunya – adanya tekad berani menulis. Sebab menulis ini merupakan syarat mutlak dari setiap penelitian apapun.

PGRI Kota Sukabumi, selain melakukan Pelatikan PTK, sehari sebelumnya telah menyelenggarakan Pelatikan IT Pendidikan kepada para guru. Sinergitas antara kemampuan literasi dengan penguasaan Teknologi ini merupakan ‘hal baik’ yang harus dikuasai oleh para guru di era sekarang.

Dudung Koswara selaku Ketua PGRI Kota Sukabumi kerap mengajak kepada para guru di Kota Sukabumi untuk mengembangkan budaya literasi, tulis-menulis, outputnya sederhana, agar catatan-catatan kehidupan di masa kini tetap tertranformasikan dari masa ke masa (red).

Posting Komentar untuk "PGRI Kota Sukabumi Menyelenggarakan Pelatihan PTK"