Sekolah di era kemajuan teknologi dan informasi dituntut mengembangkan proses belajar dan mengajar yang mengarah kepada penguasaan dan pengembangan kedua hal tersebut. Lebih dari itu, pengembangan pendidikan karakter merupakan hal mutlak untuk mengokohkan jati diri generasi muda atau pelajar di negara ini.
Sekolah tidak hanya dituntut menciptakan program-program atau gerakan, juga harus mulai membenahinya dengan instrumen-instrumen administrasi karena data sangat dibutuhkan sebagai pendukung validitas eksistensi sekolah.
Visitasi assesor BAN-SM ke MTs Riyadlul Jannah pada hari Kamis-Jum'at (26 dan 27 September 2019) merupakan salah satu program pemerintah untuk memotret kondisi sekolah. Dari hasil pemotretan ini akan muncul kondisi obyektif sekolah tersebut.
MTs Riyadlul Jannah telah diakreditasi pada tahun 2014 dengan nilai B. Akreditasi pada tahun ini merupakan akreditasi kedua. Pihak yayasan dan kepala madrasah memiliki harapan MTs Riyadlul Jannah dapat mempertahankan nilai akreditasinya.
" Madrasah memiliki kelebihan dan kekurangan, kondisi obyektif inilah yang harus divalidasi oleh tim assesor." Ungkap Hamzah, mewakili pihak yayasan saat menyampaikan sambutan di hari pertama pelaksanaan visitasi akreditasi.
Tim assesor menyetujui hal tersebut, kedahiran assesor tidak bermaksud menilai kondisi madrasah kecuali untuk melakukan validasi dan kesesuaian data yang diberikan oleh madrasah kepada Badan Akreditasi Nasional sebelum dilakukan visitasi akreditasi.
Pendidikan Pengembangan Karakter
Program Pendidikan Pengembangan Karakter bagi para siswa harus menjadi program unggulan di setiap sekolah. Kurikulim tahun 2013 yang telah direvisi tidak sekadar menekankan agar para peserta didik berhasil dan lulus pada bidang akademik semata.
Di dalam kurikulum tahun 2013, Kompetensi Dasar dan Kompetensi Inti diperluas pada pengembangan dan pembentukan sikap para peserta didik. Pengembangan karakter dan sikap di setiap sekolah antara lain dengan merujuk pada Kurtilas ini antara lain: spiritualitas, sosial, dan nasionalitas.
MTs Riyadlul Jannah telah melaksanakan beberapa kegiatan ekstrakurikuler yang dapat mendukung program pendidikan pengembangan karakter. Kegiatan tersebut antara lain; ekskul marawis dan pencak silat.
Kelebihan dan Kekurangan Madrasah
Tim assesor BAN-SM yaitu Asep Supriatna, M.Pd dan Sri Ayu Kusumah N, M.Pd memaparkan kelebihan dan kekurangan madrasah di hari kedua pelaksanaan visitasi akreditasi.
MTs Riyadlul Jannah memiliki kelebihan antara lain, memiliki fasilitas yang cukup, tenaga pendidik dan kependidikan yang menguasi bidangnya masing-masing.
Sebagai catatan, tim assesor BAN-SM mengungkapkan beberapa program yang telah dilaksanakan di MTs Riyadlul Jannah seharusnya dilengkapi dengan bukti-bukti fisik seperti, laporan kegiatan, evaluasi, rencana tindak lanjut, dan dokumentasi.
Posting Komentar untuk "Visitasi Assesor BAN-SM ke MTs Riyadlul Jannah"
Sila kirim tanggapan atau saran...